Senin, 28 Agustus 2017

Hukum menguap dan adab

allah+membenci+menguap+dan+menyukai+bersin
Assalum'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh "

Sahabat Micko Channel
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa agama Islam agama yang sempurna. Tidak hanya mengurusi perkara-perkara yang besar, hal kecil yang terkadang ‘dilupakan’ oleh sebagian kaum muslimin pun diperhatikan oleh Islam. Bukan hanya permasalahan negara, akidah, dakwah dan ibadah saja yang telah dijelaskan oleh agama ini, namun hal ‘kecil’ seperti menguap pun ada petunjuknya, ada tuntunannya, ada adabnya, dan sepatutnya seorang muslim menaruh perhatian dengannya.

Siapa yang menerapkan hal ‘kecil’ tersebut berarti telah menghidupkan sunah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Allah subhanahu wa ta’ala akan melimpahkan pahala bagi siapa saja yang menghidupkan dan mengamalkan sunah nabi-Nya.

Perkara yang dianggap sepele, yang sudah menjadi kebiasaan kebayakan orang, padahal merupakan sebuah kekeliruan yang perlu diluruskan, adalah bersuara ketika menguap. Sepertinya sepele, tapi tunggu dulu sobat.
Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa setan itu tertawa bila mendengar seorang bersauara “haah” ketika menguap. Apalagi kalau sampai teriak ?!

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعُطَاسَ وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ فَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَحَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَمِعَهُ أَنْ يُشَمِّتَهُ وَأَمَّا التَّثَاؤُبُ فَإِنَّمَا هُوَ مِنْ الشَّيْطَانِ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ مِنْهُ الشَّيْطَانُ

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Oleh karena itu bila salah seorang dari kalian bersin lantas dia memuji Allah, maka wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk ber-tasymit kepadanya (mengucapkan “yarhamukallah”). Adapun menguap, maka dia dari setan, bila seorang menguap hendaklah dia menahan semampunya. Bila seorang menguap sampai keluar ucapan ‘haaah’, setan akan menertawainya.” (HR. Al-Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994)

Inilah diantara adab yang perlu diperhatikan ketika menguap. Yaitu menahan semampunya, bila tidak mampu maka menutup mulut dengan tangan, kemudian adab selanjutnya adalah menahan suara ketika menguap

Salam Sahabat Micko Channel
Semoga bermanfaat

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar