Selasa, 17 Juli 2018

Acara Halal Bihalal SD Negeri BLUKBUK 1

Tradisi Acara halal bihalal yang diselenggarakan di lapangan SDN BLUKBUK 1 



Acara Halal Bihalal SD Negeri BLUKBUK 1

Libur telah usai, aktivitas belajar mengajar pun kembali digelar. 
Namun hari ini terasa berbeda bagi siswa baru. Mereka juga tampak didampingi oleh orang tua yang memadati halaman sekolah.

Hari pertama masuk sekolah, setelah libur Hari Raya Idul Fitri, SD N Blukbuk 1 mengadakan acara Halal Bihalal. Halal bihalal merupakan tradisi di lingkungan SD N Blukbuk 1, yang dilakukan sesudah hari lebaran antar guru, dan seluruh siswa-siswi. Begitupun kami mengajak Para Wali Murid Untuk mengikuti halal bihalal agar terciptanya Ke akraban Kerukunan antara sesama

Disamping itu kami juga Para Dewan guru memperkenalkan diri masing masing  Dalam menyambut Siswa baru
Dengan Tujuan
Pertama, khususnya pada hari pertama, kami memberikan kesan yang menyenangkan bagi seluruh siswa, sehingga mereka memiliki perasaan positif terhadap sekolahnya.

Kedua, kami mengajak mereka bisa saling menghormati, saling menghargai, mengajak mereka agar bisa menjalin kekompakan di kelas itu, menjalin kebersamaan, sehingga masing-masing individu akan merasa nyaman di kelasnya.

Ketiga, kami memperkenalkan juga pada lingkungan kelas, aturan-aturan yang akan diikuti oleh siswa, bagaimana mereka nanti akan belajar di kelas itu dengan suasana yang tetap menyenangkan dan gembira.



Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang unik dan tetap dipertahankan serta dilestarikan. Ini adalah refleksi ajaran islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan dan saling berbagi kasih sayang di bulan syawal .

Dalam kenyataannya perjalanan hidup manusia selalu tidak bisa luput dari dosa. Dosa yang paling sering dilakukan adalah kesalahan terhadap sesama teman dan guru dikelas. Seperti : iri hati, saling becanda dan menyakiti teman saat bermain. Halal bihalal merupakan peristiwa penting untuk saling memaafkan baik perkataan dan perbuatan.


Dalam kaca mata islam, halal bihalal bertujuan untuk menghormati sesama teman dalam bingkai silaturahmi. Halal bihalal dilihat dari sisi silaturahmi dapat menjadi perantara untuk memperluas rezeki dan memperpanjang umur sebagaimana sebuah hadis dari Abu Hurairah ra ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah bersilaturahmi.


Acara halal bihalal yang diselenggarakan di lapangan SDN BLUKBUK 1 ini berlangsung dengan sangat hikmat. 

Jurnalis.Net. Miecko Harmoko. 



0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar